Impeachment

Jauh sebelum kata “impeachment” menjadi “artis dadakan” di media-media AS akhir-akhir ini, orang Indonesia juga sudah mengalami hal yang sama, tepatnya di tahun 2001 saat Gus Dur “diberhentikan”.

Sekarang isu impeachment ini targetnya adalah Presiden George W. Bush. Nggak sembarangan, karena bukan cuma orang-orang Partai Demokrat aja yang mendukung, tapi juga dari Republik. Alasannya selain masalah legalitas invasi AS ke Irak 2003 lalu adalah tentang kontroversi pemberian izin NSA untuk melakukan surveillance kepada rakyat AS.

Faktanya, kata “impeachment” ini sekarang bukan cuma milik para politikus di kongres saja, tapi sudah jadi kata yang sering terdengar sehari-hari di AS sana.

Misalnya, dalam sebuah pertandingan baseball 30 Juni 2007, tiba-tiba saja ada spanduk bertuliskan “impeach”. Memang, momen ini nggak lama tertangkap kamera karena beberapa saat kemudian langsung dipaksa diturunkan, tapi ada juga orang yang sempat mengabadikannya.

Ini juga contoh cover salah satu majalah di tahun 2006.

Saya nggak heran kalau seandainya saat ini Bush nggak nyenyak tidurnya karena isu impeachment ini. Survey Washington Post-ABC News menunjukkan kalau dukungan rakyat AS kepada Bush mencapai titik nadirnya. Sejak 2005, angka dukungan publik merosot di bawah 50%, dan sampai saat ini belum bisa melebihi angka 50% itu. Dalam sejarah AS, presiden yang pernah mencapai angka di bawah 50% hanyalah Harry S. Truman. Dan kini Bush menemani koleganya itu dalam catatan buku sejarah yang akan dipelajari generasi-generasi mendatang.

Begitulah, sejarah berulang; hanya saja dengan pelaku yang berbeda. Kasus seperti ini bukan barang baru bagi sejarah peradaban dunia, sejak zaman dulu sampai sekarang. Semua orang akan merasakan balasan dari perbuatannya, di dunia dan atau di akhirat nanti.

Wa makaruu wa makarallah wallahu khairul maakiriin. “Dan mereka membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.” (QS 3:54)

Tambahan: Silakan baca juga kisah Paul Wolfowitz, mantan dubes AS untuk Indonesia, yang barusan dicopot dari posisinya sebagai presiden World Bank, dan Dick Cheney yang juga disorot publik.

Explore posts in the same categories: Politik

Leave a comment